Laman

Kamis, 04 November 2010

Proposal Seminar Nasional


PROJECT PROPOSAL
SEMINAR NASIONAL HMTI – JAKARTA

Nama                          : Seminar Nasional
Biaya                           : Rp. 210,909,000.00,- “Dua Ratus Sepuluh Juta Sembilan
  Ratus Sembilan Ribu Rupiah”
Bentuk                         : Seminar
Waktu                          : Sabtu, 13 November 2010
Tempat                        : Hotel Grand Indonesia, Jl.M Husni Thamrin Jakarta 10230     
Nara Sumber               : Pada acara seminar ini akan menghadirkan pembicara lokal dan
  nasional, yang representatif di bidang Informatika
Peserta                        : Peserta yang aktif pada Seminar ini adalah Mahasiswa, Guru,
                                      Dosen, Instansi Pemerintahan dan
  Masyarakat umum
Pelaksana                    : PP Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Jakarta
Alamat                        : Sekretariat HMTI-Jakarta, Jl.M Husni Thamrin Jakarta 10230
Telepeon & Fax           : +6221. 832 5550
Contax Person             :+6281288450301 (sdr. Nurul)
Email                           : hmti.jakarta@gmail.com atau www.hmtijakarta.com
No. Rekening             : 09976009111 a/n HMTI Jakarta BNI Unit Mampang.
  

Proposal Kegiatan Seminar Nasional

Tema Kegiatan

 BEST PRACTICES UNTUK KEBERHASILAN IMPLEMENTASI E‐GOVERNMENT DI INDONESIA”

Subtema :
”Mencari solusi bagi berbagai permasalahan implementasi eGovernment di Indonesia”

Dasar Pemikiran

Kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang demikian pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas telah membuka peluang akses, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kenyataan telah menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung kualitas dan pelayanan pemerintah.

Terwujudnya pelayanan prima dalam arti pelayanan yang cepat, tepat, adil dan akuntabel, merupakan tuntutan bagi setiap pemerintah daerah di era otonomi. Pemerintah juga perlu melakukan penyempurnaan sistem pelayanan publik yang menyangkut perbaikan metoda dan prosedur pelayanan di setiap unit organisasi pemerintah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan TIK dapat membantu instansi pemerintah dalam mewujudkan good governance. Oleh sebab itu, instansi pemerintah perlu melakukan pengelolaan sumber daya TIK secara baik dan benar.

Pemanfaatan TIK oleh pemerintah daerah selama ini masih mengalami berbagai hambatan dan kendala. TIK masih dipandang sebagai cost center dan bukan sebagai long term investment sehingga belum terlihat manfaatnya secara jelas. Selain itu, faktor kelembagaan
dan sumberdaya manusia bidang TIK di dalam organisasi pemerintah daerah juga masih terbatas. Di sisi lain, pemanfaatan TIK di beberapa daerah telah mampu menghemat anggaran dan juga membuka peluang bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berdasarkan banyaknya fakta kegagalan pemanfaatan dan pengelolaan TIK, serta hambatan dan kendalanya di berbagai daerah , maka diperlukan suatu forum antar daerah untuk sharing pengalaman. Pelaksanaan seminar nasional ini merupakan forum diskusi untuk mencari masukan dan solusi dari best practice berberapa daerah. Selain itu, seminar nasional ini diharapkan mampu memperjelas roadmap keberhasilan implementasi e‐Government (e‐Gov) di daerah.

Tujuan Kegiatan

1.    Mendorong terjadinya pertukaran informasi, pengetahuan dan pengalaman dalam usaha‐usaha pengembangan e‐Gov berdasarkan praktek‐praktek terbaik (best practice) untuk meningkatkan keberhasilannya.
2.    Meningkatkan awareness terhadap usaha‐usaha pengembangan dan pemanfaatan TIK guna mendukung keberhasilan implementasi e‐Gov.
3.    Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang penerapan tatakelola TIK yang selaras dengan birokrasi pemerintahan untuk mendukung proses transformasi.

Bentuk Kegiatan

Kegiatan ini berbentuk Seminar dimana akan menghadirkan pembicara dari Wakil Gubernur, Dinas Pemerintahan dan Pengamat informatika. Dalam Seminar ini akan di sediakan waktu tanya jawab setelah para pembicara menyampaikan presentasinya.


Sasaran Peserta                                                                                                                       

1.      Kepala Daerah Propinsi/Kabupaten/Kota
2.      Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi/Kabupaten/Kota
3.      Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Bidang TIK
4.      Perangkat pemerintahan yang terkait dengan pengembangan e‐Government
5.      Wakil dari Lembaga Pemerintah dan Lembaga Pendidikan
6.      Pelaku Bisnis, Pemerhati dan Praktisi TIK
7.      Masyarakat umum, Mahasiswa

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan Seminar  Nasional ini  akan diadakan pada tanggal 13 November 2010 (Agenda terlampir).
Tempat pelaksanaan: Hotel Grand Indonesia Jakarta.

Organisasi Kerja
Terdiri dari :
1.      Pengurus Pusat HMTI  Jakarta (Pelindung)
2.      Dewan Penasehat HMTI Jakarta (Dewan Pembina)
3.      Ketua Umum Pengurus Pusat HMTI Jakarta (Penaggungjawab)
4.      Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Jakarta-(Pelaksana)

Pendukung dan Partisipan

Lembaga yang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam acara ini adalah:
1.      STMIK Bdakara
2.      Ikatan Magister Teknik Informatika (IMTI) Jakarta
3.      Ikatan Mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Informatika (IMPASTI)  Jakarta
4.      Mahasiswa dan masyarakat umum

Sumber Dana

Sumber dana yang dapat menyukseskan acara ini adalah :
§   Dewan penasehat HMTI Jakarta
§   Alumni HMTI Jakarta
§   Kas HMTI Jakarta
§   Bantuan dari donatur lain yang tidak mengikat.

Anggaran Biaya

Kegiatan ini membutuhkan biaya sebesar  Rp. 210,909,000.00,- (Perincian dana terlampir)
Semua bantuan dapat diserahkan langsung kepada panitia atau dengan mentransfer ke nomor rekening 09976009111 a/n HMTI Jakarta BNI Unit Mampang.
   
Penutup

Demikianlah proposal ini kami susun. Segala hal yang belum termaktub di dalam proposal ini akan disesuaikan kemudian atas pertimbangan dan kemaslahatan bersama. Tak lupa, atas bantuan dan perhatian semua pihak demi terselenggaranya acara ini dengan sukses, dan demi terwujudnya satu generasi yang kuat dan berkesinambungan kami haturkan banyak terima kasih. Hanya Allah lah yang akan membalas segala kebaikan tak ternilai yang telah kita lakukan.

Jakarta, 02 Oktober 2010

Panitia Pelaksana Seminar Nasional
PP HMTI Jakarta periode 2008 – 2010



Ibnul Qoyyim                                                                                          Nurul hamidah
 Ketua Panitia                                                                                       Sekretaris Panitia
     Mengetahui,


Syarifudin abdillah, SE
Ketua Umum PP HMTI Jakarta



Struktur Panitia

Penasehat                  : Dewan Penasehat PP HMTI Jakarta
  Dewan Alumni PP HMTI Jakarta
  Pusat Pengkajian dan Pengembangan Jakarta
Penanggung Jawab   : Ketua Umum Pengurus Pusat HMTI Jakarta
Panitia Pengarah      
Ketua                           : Muhammad Iqbal
Anggota                       : Suhendrianto (Ex Officio)
Panitia Pelaksana
Ketua                           Suhendrianto
Sekretaris                    : Hidayat Fadhil
Bendahara                  : Karina Sofyan
Devisi Acara                                                   Devisi Humas
Ketua               : Ali Murtadho                           Ketua               : Ahmad Zulfikar
Anggota           : Wahyu Ihsan                           Anggota           : Olivia
   Anisa Rahman                                                    Mardalin
                           Hamid Rahmah                                                   Cesika
Devisi Konsumsi                                                                          Oktaviana
Ketua               : Amirah                                                                Siti maenunah
Anggota           : Fajriah                                                                Fahmi salim
                          Santosa                                                               Imam Fahrozi
                                                                                                      Agustina
Devisi Transportasi dan Akomodasi                        Devisi Perlengkapan
Ketua               : Asril Efendi                                      Ketua                : Wahyu Musatapa
Anggota           : Muammar Ma'ruf                            Anggota            : Khairullah
                          Maesaroh                                                                    Imam Mahdi
                          Fadhil ridwan                                                               Misbah kamal

Estimasi Dana

No
keterangan
Quantity
Budget(RP)
Total(RP)

Dana Kegiatan

1
Honorarium pembicara
3 orang
Rp.  4.000.000.00;
RP.   12.000.000.00;
2
Honorarium Moderator
1 orang
Rp.  1.000.000.00;
Rp.     1.000.000.00;
3
Honorarium Notulensi
2 orang
Rp.      200.000.00;
Rp.         400.000.00;
4
Honorarium Qari
1 orang
Rp.      500.000.00;
Rp.         500.000.00;
5
Plakat
4 Buah
Rp.      100.000.00;
Rp.         400.000.00;
6
Sertifikat
500 Lembar
Rp.        15.000.00;
Rp.     7.500.000.00;
7
Foto kopi makalah
30.000 lembar
Rp.              100.00;
Rp.     3.000.000.00;
8
Komunikasi panitia


Rp.     2.000.000.00;
9
Biaya Transportasi


Rp.     1.500.000.00;

TOTAL
Rp.   28.300.000.00;






Kebutuhan Administrasi



1
Biaya Pembuatan proposal
40 eks
Rp.        15.000.00;
Rp.         600.000.00;
2
Biaya penyebaran proposal
40 eks
Rp.        15.000.00;
Rp.         600.000.00;
3
Biaya pembuatan undangan
500 orang
Rp.          5.500.00;
Rp.     2.750.000.00;
4
Biaya pengiriman undangan
500 orang

Rp.         500.000.00;
5
Biaya pembuatan stempel
1 buah
Rp.        25.000.00;
Rp.           25.000.00;
6
Biaya tinta dan bantal stempel
1 buah
Rp.        20.000.00;
Rp.           20.000.00;
7
Biaya print
320 lembar
Rp.              700.00;
Rp.         224.000.00;
8
Biaya amplop
5 kotak
Rp.        50.000.00;
Rp.         250.000.00;
9
Biaya ID-card
50 lembar
Rp.          3.000.00;
Rp.         150.000.00;
10
Biaya block note
500 buah
Rp.          2.500.00;
Rp.     1.250.000.00;
11
Biaya kertas HVS
6 rim
Rp.        26.000.00;
Rp.         150.000.00;
12
Map Makalah
500 eks
Rp.          1.500.00;
Rp.         750.000.00;
13
Ballpoint
500 buah
Rp.          2.000.00;
Rp.     1.000.000.00;
14
Buku tamu
2 buah
Rp         20.000.00;
Rp.           40.000.00;

TOTAL
Rp.     8.309.000.00;






Kebutuhan Publikasi



1
Biaya pembuatan banner
3 buah
Rp.      100.000.00;
Rp.         300.000.00;
2
Biaya pembuatan spanduk
6 buah
Rp.      200.000.00;
Rp.     1.200.000.00;
3
Biaya pemasangan spanduk
6 buah x 7 hari
Rp.  1.050.000.00;
Rp.     6.300.000.00;
4
Biaya iklan radio
3 stasiun
Rp.  1.000.000.00;
Rp.     3.000.000.00;
5
Biaya iklan koran
3 Unit
Rp.      750.000.00;
Rp.     2.250.000.00;
6
Biaya pembuatan pamflet
1.500 lembar
Rp.              200.00;
Rp.         300.000.00;
7
Biaya pemasangan reklame
2 unit
Rp.  5.000.000.00;
Rp.   10.000.000.00;
8
Biaya transportasi publikasi


Rp.     1.000.000.00;

TOTAL
Rp.   24.350.000.00;






Kebutuhan Umum



1
Sewa tempat dan kegiatan
1 ruang x 500 org
Rp.      266.000.00;
Rp.133.000.000.00;
konsumsi
2
Sewa mobil operasional
2 unit x 2 hari
Rp.        800.000.00;
Rp.     3.200.000.00;
3
Biaya penginapan
5 kamar
Rp.        950.000.00;
Rp.     4.750.000.00;
4
Sewa video shooting
2 set

Rp.     6.000.000.00;
5
Biaya cetak pin
500 buah
Rp.            4.000.00;
Rp.     2.000.000.00;
6
Biaya dokumentasi umum


Rp.     1.000.000.00;

TOTAL
Rp.149.950.000.00;
Rekapitulasi
1
Dana Kegiatan


Rp.  28.300.000.00;
2
Kebutuhan Administrasi


Rp.    8.309.000.00;
3
Kebutuhan Publikasi


Rp.  24.350.000.00;
4
Kebutuhan Umum


Rp.149.950.000.00;

GRAND TOTAL
Rp.210.909.000.00;


Terbilang :
“Dua Ratus Sepuluh Juta Sembilan Ratus Sembilan Ribu Rupiah”
  
  
Manual Acara

Waktu
Agenda Acara
Penanggung Jawab
Keterangan
07.30-08.30
Registrasi

Panitia pelaksana

08.30-09.00
Pembukaan




Sambutan 1 : Ketua Jurusan Informasi
Fakultas teknik STMIK Bidakara
Nur Syamsu,S.Kom

Sambutan 2 : Rektor STMIK Bidakara
(Pembuka acara)
Pembuka acara
Novita Lubis,S.Kom
09.00-09.30
Keynote Speaker

Topik : Roadmap & Indikator Implementasi E-government di Indonesia

Pembicara : Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia



Ir. Tifatul Sembiring

09.30-10.00
Coffe Break

Panitia pelaksana

10.00-11.15
Sesi 1
Topik : Kelembagaan TIK dalam Struktur Pemerintahan untuk Mendukung Keberhasilan EGovernment di Indonesia

Pembicara : Direktorat Urusan Pemerintah Daerah, Ditjen Otda Depdagri



Dr. Made Suwandi, M.Soc,sc
11.15-12.30
Sesi 2
Topik    : Penyelarasan TIK dengan Sistem Birokrasi Pemerintahan

Pembicara : Deputi bidang teknologi Informasi, energi, & material



Dr.Unggul Priyanto,M.Sc
12.30-13.30
ISHOMA
Panitia pelaksana

13.30-14.30
Sesi 3
Topik : Mendayagunakan Peran TIK untuk mewujudkan transparasi pelayanan
Public
Pembicara : Rektor Institut teknologi Bandung (ITB)

Prof.Dr.Ir.Djoko Santoso,M.Sc
14.30-15.30
Sesi 4
Topik : Isu, Peluang, dan Strategi pemanfataan TIK Untuk Peningkatan
Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Pembicara : Direktur Utama BPPT



Dr.ir.Marzan A.Iskandar
15.30 -16.30
Sesi 5 (panel)
Sesi ini mendiskusikan pembicaraan pada sesisesi sebelumnya dari perspektif yang
berbeda, yang diwakili oleh pembicara (Panelis) yang berasal dari kalangan yang
berbeda: unsur legislatif (anggota DPR/DPRD), pelaku implementasi eGov di institusi pemerintah (mahasiswa Program CIO MTI UGM), dan masyarakat sebagai pemakai layananlayanan eGovernment.


Moderator
Dra.Agnes Widiyanti
(Direktur sarana Teknologi Komunikasi)
16.30-s/d selesai
Penutupan Seminar dan break
 Panitia pelaksana
 Seluruh peserta


BENTUK  PENAWARAN KERJASAMA / SPONSORSHIP

Kami panitia pelaksana seminar menawarkan kerjasama kepada bapak/Ibu pemimpin perusahaan untuk berkerjasama dalam pelaksanaan sebagaimana terlampir dalam proposal ini.
Kerjasama ini dimaksudkan, sebagai hubungan timbal balik yang menguntungkan kedua belah pihak, satu pihak kami berterima kasih karena dengan partisipasi bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan sangat membantu dalam suksesnya kegiatan yang akan kami laksanakan. Sedangkan dilain pihak, kami menyediakan imbalan dengan ketentuan yang dijelaskan, kemudian sebagai ajang promosi dan infomasi mengenai Perusahaan Bapak/Ibu pimpin kepada masyarakat luas.
Adapun bentuk penawaran kerjasama/sponsorship dalam kegiatan ini berdasarkan ketentuan sebagai berikut :
1.      SPONSOR TUNGGAL
Sponsor tunggal adalah sponsor yang menyediakan dana 100% dari total anggaran penyelengaraan kegiatan seminar nasional, sebesar Rp. 210,909,000.00,- (“Dua Ratus Sepuluh Juta Sembilan Ratus Sembilan Ribu Rupiah”) dalam hal ini akan tercipta nama event (…………Live) = Nama Perusahaan / Produk Live “seminar nasional”.
Adapun kompensasi yang diperoleh adalah Nama dan Logo Perusahaan akan dipromosikan pada kegiatan publikasi, yaitu :

Ø  Spanduk Rentang (buah)
Ø  Undangan VIP
Ø  ID Card Panitia (buah)
Ø  Baliho (buah)
Ø  Background Panggung


2.      SPONSOR MADYA
Sponsor Madya adalah sponsor yang menyediakan dana 50% dari total anggaran penyeleggaraan kegiatan seminar nasional, sebesar Rp 105,454,500,00,- (“Seratus Lima Juta Empat Ratus Lima Puluh Empat Ribu Lima Ratus Rupiah”).
Adapun kompensasi yang akan diperoleh adalah Nama dan Logo Perusahaan akan dipromosikan pada kegiatan publikasi acara, yaitu :

Spanduk Rentang (buah)
Vandal/ Plakat (buah)
ID Card panitia (buah)
Panitia menerima sponsorship lain



3.      SPONSOR BIASA
Sponsor Biasa adalah sponsor yang menyediakan dana kurang dari ketentuan penyediaan dana sponsor madya dengan batas minimal Rp 21.090.900.00,- (Dua Puluh Satu Juta Sembilan Puluh Ribu Sembilan Ratus Rupiah).
Adapun kompensasi yang diperoleh adalah Nama dan Logo Perusahaan akan dipromosikan pada kegiatan publikasi acara, yaitu :
Spanduk rentang (buah)
ID Card Panitia (buah)
Panitia menerima sponsorship lain



KETENTUAN SPONSORSHIP
Pembayaran
Setiap jenis sponsor membayar uang muka sekurang-kurangnya 50% dari nilai kontrak, dibayarkan pada saat penandatanganan surat perjanjian. Sisanya dibayar sesuai dengan kesepakatan.
Materi
Materi harus diterima panitia dalam bentuk materi siap cetak/separator film ataupun desain untuk spanduk.
Pembatalan
o   Apabila ada sponsor tunggal, maka panitia berhak meninjau kembali sponsor utama, madya dan eksekutif yang telah masuk, dengan mengembalikan seluruh biaya yang telah diberikan kepada panitia
o   Pembatalan dari pihak panitia, uang akan dikembalikan sebesar jumlah yang diterima oleh panitia. Pembatalan dari pihak sponsor yang telah membayar uang muka 50% menjadi milik panitia. Apabila telah membayar lunas, maka 50% akan dikembalikan kepada pihak sponsor setelah dikurangi biaya pengiriman.


Pelunasan dan pengiriman
o   Materi iklan/promosi bentuk logo, produk nama plat, nama perusahaan dikirim selambat-lambatnya 15 (lima belas) hari sebelum acara dilaksanakan.
o   Perjanjian kontrak dilaksanakan oleh koordinator program atau staffnya dengan perusahaan/instansi yang bersangkutan.
Pelunasan dana sponsorship dapat dikirim langsung ke sekretariat panitia Seminar nasional atau dapat ditransfer melalui Rekening 09976009111 a/n HMTI Jakarta BNI Unit Mampang.



PERNYATAAN SPONSORSHIP

Berdasarkan surat yang dikirim oleh Panitia Seminar Pendidikan, maka dengan ini saya :
Nama         : ……………………………………………………... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Jabatan      : …………………………………………………..………... ... ... ... ... ... ... ... …
Alamat       : ……………………………………………………... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Bertindak atas nama Perusahaan/Instansi ... ... ……………... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
Menyatakan bersedia bekerja sama dalam acara Seminar Nasional dengan menjadi * :
1. Sponsor Tunggal
3.Sponsor Biasa
2. Sponsor Madya


Bersama ini kami (telah/belum) kirimkan kerja sama perusahaan berupa **:
a.Biaya Sponsor sebesar
Rp........................
e.Sertifikat
......................buah
b.Spanduk
......................buah
f.Fandal
......................buah
c.Baliho
......................buah
g.lain-lain
......................
d.Pamflet
........................rim


*) Lingkari yang disepakati
** ) Sebutkan dan Tuliskan
Dengan ini juga kami (telah/belum) menyertakan materi sebagaimana terlampir dan biaya sponsor. Rp. ……………………..,-
Terbilang
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….


 Kami bayar dengan ketentuan di bawah ini
1.       Dibayar Lunas
2.       Dibayar ………... % sebesar Rp. ……….................. dan sisanya akan dibayar pada: tangggal……….................2010.


Panitia



(……………………………..)
Nama dan Stempel Panitia
Sponsor



(……………………………..)
Nama dan stempel instansi/perusahaan


1 komentar:

  1. Estimasi Biaya dan Penawaran Sponsorshipnya saya bisa Jadikan Panduan. Terima Kasih.

    BalasHapus